{SHARE} BAHAS JITU SOAL UMDESAIN 2013

ad+1

Hi Semuanya, terima kasih sudah mampir diblog saya yang jarang update ini, terima kasih kepada Allah SWT di Jumat barokah ini masih diberikan kemampuan untuk berbagi dan berkarya untuk anda semua. Kali ini saya mencoba menjawab kegelisahan teman-teman yang akan mengikuti Ujian Masuk Desain Produk Industri ITS 2013 disingkat UMDESAIN, karena beberapa waktu lalu di Despro ITS telah berlangsung dua kali tryout ini dan kemungkinan masih banyak teman-teman disana yang tidak beruntung mengikuti, semoga ini bisa menjadi obat manis. Sebenarnya bukan pembahasan resmi, tapi berdasarkan inisiatif saya dan kapasitas saya pribadi, tidak ada tujuan komersil dan tujuan negatif yang bisa merugikan pihak lain. Postingan ini hanya semata mata untuk berbagi dan bersenang-senang 
 

Ok, merujuk pada soal TryOut UMDESAIN 2013 yang ada pada linimasa despro.its.ac.id atau anda bisa mengunduh disini kemudian anda akan mendapatkan 5 jenis soal yang berbeda, antara lain :
  1. Kemampuan tulis verbal (Verbal Writing)
  2. Kemampuan matematika (Logic Mathematic)
  3. Kepekaan terhadap suara (Sound & Music)
  4. Reka gambar (Visual Drawing)
  5. Reka ketrampilan motorik (Craftmanship)






Saya coba ulas langsung sedikit pembahasan mengenai 5 jenis soal diatas, tips dan trik yang bisa anda cermati untuk mengerjakan dengan mudah, monggo!
1. Kemampuan Tulis Verbal (Verbal Writing)
Seorang Desainer dan Seniman adalah agen penting di Industri Kreatif saat ini, mereka tidak hanya produsen karya indah dan fungsional, mereka wajib hukumnya mempunyai kemampuan menganalisa segala macam permasalahan kemudian dijadikan solusi yang jitu. Kemampuan menulis verbal salah satunya, gampangannya, seorang desainer dan seniman harus bisa menceritakan karyanya dengan gamblang bisa saja ilmiah, tidak bertele-tele, mungkin juga tidak sesuai ejaan baku (EYD). Kemampuan menulis ini sebenarnya wilayah otak kiri, tapi dengan imajinasi, kemampuan otak kanan juga dituntut bekerja, seimbang, menjelaskan sesuatu masalah, menganalisa, mengamati data-data, menjabarkan, mengulas dengan cerdas, runtut, tentunya dengan gaya yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan. Banyak gaya menulis dan bertutur, anda amati pada film-film terkenal, anda akan melihat tulisan/teks-teks gambar yang hendak disampaikan sutradara. Disana bisa ada awalan, perkenalan, klimaks, konflik, dan anda kongklusi akhiran atau penyelesaian. Begiu juga dengan soal ini, cobalah untuk membaca dengan seksama, jangan terlalu lama, jabarkan semua data-data yang sudah ada, tulis dikertas kosong, atau disebelah soal, kemudian tentukan alur menulisnya, jangan lupa tambahkan kemampuan anda mengenai masalah yang diangkat pada soal, misalnya mengenai penjualan mobil, tambahkan penjualan mobil-mobil tertentu sebagai contoh pada beberapa tahun, bisa juga dimasa depan apakah mobil tersebut akan tergilas waktu? atau malah menjadi idola. Bisa juga ditambahkan kemampuan beli masyarakat, penghasilan, trend, lifestyle, dan lain sebagainya, tapi ingat! harus diramu dengan indah!
2. Kemampuan Matematika (Logic Mathematic)
Soal Matematika kali ini menurut saya adalah soal matematika logika yang paling mudah diantara soal logika diujian manapun karena kita dituntut untuk berkemampuan mengetahui permasalah dilapangan, misalnya kita harus tahu harga harga kebutuhan pokok di pasar, ketika kita diminta tolong belanja oleh orang tua, kita harus tahu kondisi pasar, kita harus cepat bisa menghitung bahan apa saja yang dibutuhkan. Untuk membuat rumah, kita harus tahu ukuran rumah kita, bahan bahan apa saja, hingga berapa bahan habis yang diperlukan untuk membangun rumah, untuk melakukan pengecatan, berapa genteng yang diperlukan, minimal kita harus tahu biar tidak dibohongi oleh developer yang bereputasi buruk. Disini desainer juga wajib hukumnya mengetahui berapa harga bahan yang diperlukan untuk menghasilkan suatu karya, apalagi kalau nanti dijual dipameran, dieksport, masih banyak harga ‘intelektual’ yang harus ditambahkan. Soal tryout ini berkaitan dengan perhitungan pembuatan sebuah kandang burung. Desainer kok bikin kandang burung? hehe bukan itu masalahnya, tapi kalau kandang burung phoenix atau cendrawasih yang beli seorang artis Holywood, kemudian kandang tersebut dipatenkan dan dibubuhi merk LV? hehe siapa sangka?
Ok, coba baca seksama soal tersebut, jangan sampai terlewat data apa saja yang ada pada soal, seperti satuan panjang, bahan jenis tripleks, dan kayu, harga material dan kemampuan membaca potongan gambar dari atas, samping bawah. Ya harus dong!  nah sekarang coba perhatikan, sekali lagi catet! anda wajib ain harus tau ukuran kayu dipasaran atau ditoko bangunan, kayu galar atau reng berapaan tuh? ukuran tripleks? disoal tersebut dijelaskan bahwa ukuran tripleks 1200mm x 2400mm, coba diganti menjadi cm, anda akan mendapatkan ukuran 1,20 x 2,40 cm, dan itu sebenarnya adalah ukuran tripleks satu lembar pada umumnya diseluruh indonesia, sudah memang begitu ukuran modulnya, begitu dengan ukuran kayu. Tapi ini tidak akan ditanyakan disoal ini hehe, anda harus mengukur bahan habis sesuai dengan ukuran gambar kandang tersebut, kemudian tinggal dicari harga sesuai dengan harga yang sudah ditentukan. gampang kan? 
3. Kepekaan Terhadap Suara (Sound and Music)
Bagi yang tidak begitu menyukai dan biasa mendengarkan musik tidak perlu khawatir, atau yang mempunyai hobi selain musik seperti memasak, berenang, tinju, juga jangan putus asa! mendengarkan musik itu mudah dan pasti setiap hari anda mendengarkan bunyi-bunyian di televisi, radio, handphone, orkes dangdut, mungkin konser, dan youtube. Untuk segala jenis genre juga jangan takut tidak hafal ciri-cirinya. Disini yang penting anda bisa merasakan ambience, suasana yang dihasilkan musik atau suara, tangkap isi pesan liriknya, bisa saja lirik itu metafor dan mempunyai arti lain dari sebenarnya, cobalah untuk memejamkan mata, kenali sumber suaranya, kenali alat musik yang menghasilkan komposisi bunyi tersebut, seperti gitar, drum, harpa, perkusi, kira-kira membentuk pola seperti apa, ritmenya bagaimana, naik turun emosinya, rasakan emosinya, bayangkan anda sedang berada dimana? sedang terjadi apa? apa yang hendak disampaikan komposer/pencipta musik sesuai dengan liriknya, tidak perlu kemampuan tinggi kan? kuncinya hanya mengasah rasa saja!  setelah itu tuangkan pada bidang gambar dan jelaskan! mudahkan?!
4. Reka Gambar (Visual Drawing)
Soal berikutnya ini sudah sangat umum diujian-ujian masuk sekolah desain dan desain, singkatnya adalah gambar kreatif atau gambar suasana kalau versi bimbel gambar. Anda memang wajib butuh kemampuan menggambar setidaknya benar secara proporsi dan prinsip-prinsip gambar, seperti perspektif, proporsi tubuh, benda dan menganalisa objek, seperti pattern, material, suasana, dan lain sebagainya. Untuk membuat gambar anda menarik tambahkan komposisi yang indah, depth of field, hal-hal yang unik, seperti kejadian-kejadian yang tidak biasa, jika pada soal adalah suasana di toko elektronik, analisa dulu soalnya, apa saja yang disebutkan disana, tentukan komposisinya, sudut pandang atau angle yang enak dilihat, misalnya sudut pandang orang pertama, kedua, mata kodok, mata burung, atau dilihat dari kaca, dilihat dari pantulan gelas, pantulan televisi, atau layer pertama ada seorang pengunjung yang terpeleset menjatuhkan rice cooker, disebelah dan dibelakangnya banyak pengunjung melihat kompor yang sedang meleduk, dibelakangnya ada stand/booth AC, interior toko banyak tulisan tulisan discount, bonus akhir tahun, balon-balon, maskot toko, running text dan lain sebagainya. Coba gambar sesuai perintah, untuk hal imajinasi itu tambahan yang penting, dan jangan sampai ada bidang kosong, arsir semua, masukkan semua jenis material yang anda ketahui untuk mengisi benda-benda yang berhubungan, misalnya baju, ya motif baju apa saja, motif kayu bagaimana, warna AC, bentuk TV, dll. Mudah!
5. Reka ketrampilan motorik (Craftmanship)
Soal terakhir ini memang terlihat remeh, tapi beberapa tryout yang diujikan, semua peserta berhasil gagal dan hanya satu sampai dua peserta yang lumayan baik melakukan. Soal ini melatih kepekaan membentuk sebuah material membuat menjadi sesuatu yang berbeda bentuk. Kalau di sekolah TK pasti sudah diajarkan semua jurus sederhana, kemudian ditambahkan benda lain atau warna. Disini yang anda butuhkan hanya konsentrasi, baca soal seksama, turuti perintahnya. Beberapa bentuk origami mempunyai beberapa langkah yang berbeda beda, misalnya untuk membuat seekor burung ada yang mempunyai 5 langkah sampai yang 24 langkah juga ada, tinggal kita mau seperti apa. Untuk soal ini, anda diwajibkan untuk menyelesaikan langkah yang hilang, anda harus berimajinasi, menghafal langkah yang sudah pernah anda alami. Tidak mudah, tapi sekali lagi konsentrasi dan jangan panik, itu saja! 
5 soal pembahasan diatas tentu saja, sekali lagi tidak resmi dari jurusan yang mengadakan ujian UMDESAIN, murni dari saya pribadi, semoga bisa membantu teman-teman yang masih penasaran pemecahan soal-soal diatas, jangan lupa berdoa dan sungkem orang tua, semoga berhasil! 


Share dari http://dhanisancok.wordpress.com/2013/06/21/bahas-jitu-soal-umdesain-2013/

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com