Apple Gugat Penjiplakan Jajaran Produk Samsung Galaxy atas iPhone dan iPad

ad+1


Beberapa saat lalu Apple diberitakan telah mengajukan gugatan kepada Samsung terkait pelanggaran paten dan merk dagang yang dilakukan Samsung pada jajaran seri Galaxy baik berbentuk ponsel maupun tablet. Gugatan ini didaftarkan di Pengadilan Distrik Northern California dengan tuduhan pelanggaran paten dan merk dagang termasuk kompetisi yang tidak fair. Dalam gugatan ini Apple meminta ganti rugi dan penalti selain pernyataan bahwa pelanggaran yang dilakukan ini dilakukan dengan sengaja.
Perwakilan Apple menyatakan bahwa jajaran produk Samsung saat ini dibuat dengan sengaja sehingga memiliki banyak sekali kemiripannya terhadap iPhone dan iPad. Kemiripan ini ada baik dalam bentuk perangkat keras hingga antarmuka pengguna dan bahkan bungkusnya. Penjiplakan mentah-mentah ini menurut perwakilan Apple adalah salah dan pihak Apple perlu melakukan proteksi atas hak intelektual yang dimilikinya ketika perusahaan lain mencuri ide-ide yang dimilikinya.
Pendaftaran gugatan yang panjang dari Apple ini diisi dengan klaim contoh penjiplakan mulai dari teknologi yang dipasang hingga ikon layar dan bentuk perangkat kerasnya. Apple menunjukkan bahwa Samsung terutama melanggar paten mereka di tahun 2009 dan 2010 yang mencakup desain fisik iPhone bersama beberapa merk dagang atas berbagai ikon aplikasi yang ada di dalamnya.
Selain klaim pelanggaran paten dan merk dagang, Aplle juga menuduh adanya pelanggaran dalam hal 'baju penjualan' dari iPhone dan iPad, karena paketnya benar-benar mirip. Apple mengajukan gugatan ini mulai dari ikon yang ada di layar Galaxy hingga cara pembungkusan paket ponsel yang melanggar desain Apple.
Tablet Samsung Galaxy Tab juga dikatakan menjiplak mentah-mentah kombinasi dari beberapa unsur Apple Product Configuration Trade Dress. Apple mencatat bahwa tablet Samsung ini menggunakan desain persegi panjang yang mirip dengan produk Apple, termasuk sudut bulat, pinggiran warna hitam, dan berbagai ikon yang dipasang. Selain kata-kata lugas, gugatan Apple ini juga dilengkapi gambar-gambar yang menunjukkan perbandingan produk Apple dengan Samsung beserta kemiripan yang ada di antara keduanya.
Pihak Samsung sendiri menyatakan akan melawan atas upaya hukum Apple ini di pengadilan. Mereka mengatakan bahwa pengembangan atas teknologi miliknya dan penguatan terhadap jajaran hak intelektual merupakan kunci atas kesuksesan mereka. Oleh karena itu Samsung akan secara aktif menjawab upaya hukum yang dilakukan melawan pihaknya melalui segala macam cara yang benar untuk memproteksi hak intelektual yang dimilikinya.
Via Mobilized

Sumber: lintas Berita

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com